Bagi anda pencinta dunia mikrokontroler, Arduino bukanlah sesuatu yang asing lagi. Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

Arduino sangat fleksibel untuk dikembangkan dengan tersedianya banyak shield-shield yang bisa di gabungkan kedalam satu alat dengan arduino board sebagai enginenya. Kali ini bicara tekno akan membagikan cara membuat FPGA shield yang harganya selangit menjadi sangat murah jika dibandingkan dengan harga sebenarnya. Terima kasih kepada project hackday yang sangat membantu bagi pencinta arduino yang kekurangan dana. Disini kita menggunakan FPGA spartan 6 buatan Xilinx Spartan 6. FPGA ini sudah termasuk SDRam yang bis digunakan untuk konfigurasi SPI Flash. Design dari board ini dapat ada lihat di github resmi dari project hackday disini. Disana sudah lengkap peralatan yang anda perlukan untuk membuat sendiri FPGA shield anda termasuk schematicnya. Anda juga dapat melihat video dekumentasi pembuatan FPGA ini yang telah dibuat oleh hackday disini.

Semoga artikel ini dapat membantu anda yang ingin belajar namun kesulitan dana akibat mahalnya aksesoris-aksesoris pelengkap dari arduino.(dgr)

0 comments:

Post a Comment

 
Top