Meskipun tutorial debricking telah banyak ditulis dan berseliweran di internet namun masih banyak orang yang belum mampu melakukannya. Namun sebelum melakukan itu terlebih dahulu kita harus memastikan bahwa router (dalam kasus ini menggunakan mr3020) kita memang dalam keadaan brick atau tidak bisa dipakai lagi. Ada dua kondisi yang harus dicek :

1. Apakah router bisa direset dengan tombol yang telah disediakan
2. Apakah router masih bisa diping atau menunjukkan routernya masih berfungsi namun kita tidak bisa mengaksesnya.

Jika kedua kondisi diatas tersebut tidak bisa dan router menunjukkan gejala aneh seperti led-lednya menjadi kedap-kedip atau yang lainnya maka bisa dipastikan bahwa router anda telah brick. Maka jalan satu-satunya adalah melakukan debricking yang jalan paling mudah adalah menggunakan USB-TTL dengan catatan bootloadernya tidak rusak. Kondisi brick yang paling sering terjadi dikarenakan ingin mengembalikan firmware OpenWRT menjadi firmware asli/original buatan TP-link namun menggunakan cara yang keliru sehingga mengakibatkan router menjadi bootloop/bricked. Tutorial mengembalikan firmware original dari firmware OpenWRT dapat anda lihat disini.

Tutorial debricking mr3020 menggunakan usb-ttl bisa anda lihat disini. Tutorial ini disusun berdasarkan kasus yang didapatkan penulis.

0 comments:

Post a Comment

 
Top