Semua orang pasti tak asing lagi dengan benda satu ini. Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

Board satu ini berukuran kecil sehingga bisa digenggam oleh tangan orang dewasa. Meskipun demikian benda satu ini mempunyai banyak fungsi dan bisa dijadikan berbagai macam hal mulai dari pengontrolan, monitoring sampai otomatisasi. Proyek tentang arduino ini sendiri berawal pada tahun 2005 di Ivrea, italia oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles. Tujuan awal dari project ini adalah untuk mengatasi mahalnya peralatan control interaktif dan modul pembelajaran bagi siswa. Kelebihan dari board yang satu ini adalah tidak membutuhkan flash programmer external karena dalam chip mikrokontroler arduino telah diisi bootloader yang membuat proses upload menjadi lebih sederhana.

Arduino board ini bersifat opensource baik itu dalam hardwarenya ataupun softwarenya. Oleh karena itu banyak bermunculan varian-varian arduino dipasaran seperti uno, Duemilanove, Diecimila, lilypad (seukuran kancing baju) dan masih banyak lagi. Dikalangan para penggiat mikrokontroler board ini sangat popular karena mempunyai fungsi yang sangat banyak, sehingga telah terjual lebih dari 200.000 unit

Bagi anda yang ingin mengenal lebih dekat dengan board yang satu ini bisa mengunjungi website resminya disini. Bagi yang ingin modul bahasa indonesianya anda bisa mendownloadnya disini. (dGr)

0 comments:

Post a Comment

 
Top