Bagi penggiat open source pasti sudah mengenal distro yang satu ini. Ubuntu adalah salah satu distro linux yang populer karena kemudahan grafis interface bagi pengguna. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Sejak di keluarkan pertama kali pada 20 Oktober 2004 dengan codename Warty Warthog, ubuntu secara regular mengeluarkan versi terbarunya setiap 2 tahun sekali yakni setiap bulan april dan bulan oktober. Versi terakhir ubuntu saat ini adalah ubuntu 13.10 dengan codename Saucy Salamander. Ubuntu dirilis dengan dukungan banyak desktop environment seperti Gnome, KDE, LXDE, Xfce dan lain-lain yang memanjakan penggunanya untuk mengubah tampilan dekstopnya sesuai selera masing-masing pengguna.

Dalam waktu dekat ini ubuntu akan kembali merilis versi terbarunya yang termasuk versi LTS(Long Term Support) yakni ubuntu 14.04 pada 17 April 2014 nanti dengan codename Trusty Tahr. Versi ini diharapkan membawa tampilan, fitur, performance, dan dukungan hardware serta software yang lebih banyak untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan sistem operasi ini. Jadi bagi anda yang ingin mencoba versi ini harus bersabar dulu sampai 17 April nanti. (dGr)

0 comments:

Post a Comment

 
Top