Berencana membawa "BTS" didalam saku mungkin terdengar tidak masuk akal dan agak gila. Tapi jangan tertawa dulu, dengan perkembangan teknologi sekarang itu menjadi hal yang sangat masuk akal. BTS dalam artikel ini bukanlah Base Transceiver Station yang biasa dipakai oleh operator selular untuk mendukung komunikasi modern yang memerlukan mobilitas tinggi melainkan hanyalah sebuah router kecil seukuran telapak tangan yang telah mengalami modifikasi firmware besar-besaran.

Kenapa memilih router sebagai pengganti BTS ? Hal itu dikarenakan fungsi utama dari sebuah BTS adalah untuk menjembatani atau melakukan routing panggilan dari pengguna satu ke pengguna yang lain agar dapat saling berkomunikasi. Dengan melakukan flashing firmware dengan mengganti firmware ori dengan sebuah sistem operasi untuk embedded device yang bernama openWRT maka kita bisa melakukan itu semua.

Inti dari project ini adalah memanfaatkan module asterisk dan prosody yang telah tersedia dalam repository openWRT ini untuk membangun sebuah server VoIP berbasis SIP Protokol. Asteriks akan berfungsi sebagai sentra telepon dan prosody akan berfungsi sebagai sentra pesan singkat membuat project "BTS" mini ini bisa dilakukan. Dengan penambahan OLSR protokol pada firmwarenya mengakibatkan pengguna yang tersambung melalui ponsel android dengan mobile VoIP server ini bisa melakukan bergerak dan handoff tanpa takut terputus dari layanan seperti layaknya pengguna telepon selular biasa. Menarik bukan ? untuk lebih jelasnya silahkan download sedikit tulisan dari penulis disini. (dGr)


Ada banyak pengembangan yang bisa dilakukan dari sistem ini, contohnya seperti video dibawah ini

2 comments:

 
Top