Anda pernah membayangkan mempunyai komputer saku yang sangat mini? kini khayalan itu bisa anda wujudkan. Dengan menggunakan openWRT anda bisa mengubah sebuah router kecil seharga kurang dari 200 ribu menjadi sebuah linux box yang sangat powerfull dan memiliki banyak fungsi dengan beberapa keterbatasannya. Dengan menambahkan peripheral kita bisa membuat wireless web server, NAS, IP Camera, Music Wireless, VoIP server dan masih banyak lagi.

Router yang dipakai disini adalah TP-Link MR 3020. Kenapa memakai router tersebut ? selain karena bentuknya yang kecil dan mempunyai komsumsi daya rendah, router ini juga mempunyai harga yang cukup murah. Selain itu kemampuan untuk komunikasi serial untuk progamming mikrokontroler menjadi salah satu keunggulan router ini dibandingkan dengan router yang lainnya jika firmwarenya sudah dirubah ke openWRT.

Untuk menginstal sistem operasi ini kedalam router kita caranya sangatlah mudah, anda bisa langsung mendownload firmwarenya dari situs resminya sesuai router kita dan langsung mengupgrade firmware asli dari router kita. Untuk langkah-langkah yang lebih jelas anda bisa melihatnya di link ini : http://pastebin.com/umtKu114

0 comments:

Post a Comment

 
Top