OpenWRT (Open Source Wireless Routers) adalah salah satu distro linux untuk Embedded Devices. Sistem operasi (lebih dikenal dengan Firmware) ini dikembangkan dengan meminimalkan ukuran sistem operasi agar dapat berjalan dengan baik pada resource yang minim seperti pada router. OpenWRT didesain memiliki manajemen paket yang berisi lebih dari 3500 aplikasi yang bisa digunakan. Hal inilah yang membedakan dengan firmware-firmware router lainnya. Dengan menggunakan firmware ini kita bisa mengubah router sederhana menjadi komputer kecil yang sangat powerfull dan memiliki banyak fungsi karena dukungan manajemen paketnya yang sangat melimpah.

Pada awalnya, dukungan Openwrt hanya  terbatas pada seri Linksys WRT54G, namun sekarang sudah mendukung berbagai macam chipset,  produsen dan perangkat wireless lainnya seperti D-Link, EnGenius(Senao), 3Com, Motorola, Mikrotik, TP-Link, Cisco dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat di situs Openwrt, pada bagian dukungan hardware. Firmware ini sendiri memiliki banyak versi seperti White Russian, Kamikaze , Backfire , Attitude Adjustment , Barrier Breaker, BATMAN dan masih banyak lagi.

Seperti diutarakan sebelumnya, dengan menggunaka firmware ini kita dapat mengubah sebuah router menjadi komputer mini yang powerfull dan memiliki banyak fungsi tanpa meninggalkan fungsi utamanya yakni sebagai router. Dengan memasang firmware ini pada router, kita bisa membuat router kita memiliki banyak fungsi seperti : FTP server, Samba Server / file sharing, Openvpn server & client, captive portal ( coova-chilli, chillispot), Multiwan, SSH server & Client, SMS , USSD, Status signal, Ip camera hanya dengan web cam, QoS service, Proxy server, Microcontroller, Media Player, I radio, VoIP server, ADS-B Receiver, Stasiun Cuaca mini, Home automation, Pentesting Tool dan masih banyak lagi.

Tertarik mencoba? Silahkan kunjungi situs project resminya di openwrt.org

1 comments:

 
Top